YENNI, S.H | 0812 6195848 | Pengacara Batam
Pilih Bahasa
My name is Yenni Nurhayani, S.H, I'm a lawyer at Indonesia and live at Batam Island, I was graduated on 2000. I can andle many type of case like deforce, criminal case and many other case. Just call me at +628126195848 or to my email yenninurhayanish@gmail.com
Arsip
Kategori

Orang Tua Cerai, Anak Rentan Jadi Korban Bullying dan Pencabulan

Kasus perceraian di Batam dalam setahun belakangan meningkat drastis. Dari catatan Pengadilan Agama (PA) Batam, diawal tahun ini sudah ada ratusan warga yang mengajukan pendaftaran untuk cerai.

Pemerhati Anak Kepri, Erry Syahrial, mengatakan, dengan banyaknya kasus perceraian menyebabkan laporan perebutan hak asuh anak meningkat.

“Kasus hak asuh anak ini menjadi kasus ke 5 terbanyak yang kita tangani di Batam,” ujar Erry, Rabu (15/2/2023).

Erry menjelaskan anak yang orangtuanya bercerai rentan menjadi korban. Seperti korban penelantaran, bullying hingga pencabulan.


“Anak ini terancam ditelantarkan. Maka, saya yang juga sebagai mediator nonhakim di Pengadilan Agama Batam sering menyarankan orangtua yang ingin bercerai untuk rujuk,” katanya.

Meskipun tak bisa rujuk, kata Erry, orangtua harus memperhatikan hak-hak anak. Seperti nafkah, pendidikan, dan komunikasi.

“Jangan sampai ketika bercerai, komunikasi dengan bapak atau ibunya terputus. Kadang ada orangtua yang ego, membawa kabur dan tidak memberikan komunikasi lagi,” ungkap pria yang juga menjabat Sekretaris LPA Batam ini.

Untuk itu, sambung Erry, ia mengimbau para orangtua yang ingin bercerai untuk tetap memperjuangkan hak-hak anak. Hal ini bertujuan untuk mendukung tumbuh dan kembangnya sang anak.

“Kalau bisa diperjuangkan, rujuk saja. Kalau memang tidak bisa bersama (orangtua) lagi, tetap penuhi hak anak,” tutupnya.(*)

Reporter : Yofi Yuhendri
Sumber : Batam Pos